Musik Kpop dalam Industri Hiburan Korea Selatan
Musik
Kpop dalam Industri Hiburan Korea Selatan
Arum
Ratnaning Ratri
Abstrak
Penulisan
artikel ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai
industri hiburan andalan Negara Korea Selatan, kpop. Ciri khas yang dimiliki
kpop membuat banyak orang di seluruh dunia mencintai genre musik yang satu ini.
Tidak dapat dipungkiri Korea Selatan berkembang pesat saat ini karena kpop
memberikan efek positif di segala aspek. Yang akan dibahas dalam artikel ini
adalah kontributor yang memiliki peranan penting dalam membuat kpop mendunia,
agensi hiburan. Kpop memang terkenal karena penyanyi-penyanyi dan lagu-lagu
nya, namun yang membentuk dan membuat mereka ada yaitu agensi hiburan.
Kata Kunci : Musik, kpop, agensi, Korea Selatan.
Pendahuluan
Kpop atau dikenal juga sebagai Korean Pop adalah sebuah genre musik
baru yang berasal dari Korea Selatan, Asia. Kpop memiliki beberapa
karakteristik yang membuat genre ini mampu terkenal secara mendunia,
diantaranya lirik yang mudah diingat, koreografi tarian dan ritme musik yang
mudah dikenali, gaya pakaian yang modis, tampilan yang menarik perhatian, dan
musik yang ringan didengar di telinga. Kpop layaknya virus yang menjangkit segala
kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Namun virus ini
berbeda, mereka yang terjangkit tidak ingin sembuh dari gejala ini. Mereka
senang tenggelam lebih dalam dan membiarkan kpop menemani hari-hari mereka yang
menjemukkan.
Kpop juga bersih dari segi
moral, maksud bersih disini adalah tidak adanya kata-kata yang tidak pantas
diperdengarkan secara umum dalam lirik lagu-lagu kpop. Sehingga kpop adalah
genre yang aman diperdengarkan kepada segala kalangan usia. Korea Selatan
terkenal akan industri hiburan mereka dan bagaimana industri hiburan juga
memiliki kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan keuangan Korea Selatan.
Isi
Kontributor
Terbesar dalam Perkembangan Kpop
Orang awam hanya mengetahui musik kpop dan beberapa grup idola nya,
tanpa mengetahui siapa pihak yang paling berperan dalam membuat mereka ada dan
bertahan sampai tahap kpop bisa seterkenal sekarang. Agensi hiburan lah yang
membentuk artis, membuat lagu, merancang koreografi tarian, dan mempromosikan
mereka. Tanpa agensi hiburan, kpop tidak akan terorganisir dan mungkin kpop
tidak akan dikenal secara mendunia. Peran agensi hiburan sangat penting dan
semua orang sudah seharusnya menghargai usaha mereka.
Terdapat
tiga agensi hiburan terbesar di Korea Selatan. Mereka adalah SM Entertainment,
YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Di Korea Selatan sebenarnya ada
ratusan agensi, namun tiga agensi tersebut diatas adalah penghasil jumlah
pendapatan bersih terbesar. Tidak hanya pendapatan, mereka juga penghasil
lagu-lagu hits dan artis-artis kpop yang mendunia.
Dengan
hasil pendapatan terbesar dibandingkan ratusan agensi lainnya, SM Entertainment
menjadi agensi hiburan nomor 1 seantero Korea Selatan. SM Entertainment meraih
penghasilan total 349,8 miliar won (Rp 4,07 triliun) sementara laba operasi dan
laba bersih masing-masing 20,7 miliar won (Rp 240 miliar) dan 4,01 miliar won
(Rp 46,6 miliar). Pendiri agensi ini adalah Lee Soo Man dan didirikan pada
tahun 1989. CEO SM Entertainment sejak 2005 adalah Kim Young Min. Label ini
adalah rumah bagi artis K-pop ternama seperti BoA, S.E.S., TVXQ, TRAX, The Grace, Super Junior, Girls' Generation, SHINee, f(x), EXO, Red Velvet, NCT, dan dulunya merintis grup H.O.T, Fly to the Sky, dan Shinhwa.
Setiap konser yang diadakan, SM Entertainment mendapatkan pendapatan sampai USD
1,6 million.
Agensi
kedua terbesar Korea Selatan adalah YG Entertainment. YG Entertainment meraih
total penghasilan 321,8 miliar won (Rp 3,74 triliun) dengan laba operasi dan
laba bersih masing-masing 31,9 miliar won (Rp 371 miliar) dan 14 miliar won (Rp
162,9 miliar). Didirikan pada tahun 1996 oleh Yang Hyun Suk, namun CEO saat ini
adalah Yang Min Suk. Daftar artis saat ini termasuk Psy, BIGBANG, CL, Dara,
Epik High, Akdong Musisi, Lee Hai, WINNER, iKON, Sechskies, Jinusean, BLACKPINK
dan One. Agensi ini sedikit berbeda dibanding agensi lainnya di Korea karena
lebih menekankan pada genre musik hip hop, lirik yang didominasi rap, dan
artis-artis yang multitalenta.
Diurutan
ketiga terdapat agensi JYP Entertainment. JYP meraih penghasilan total 73,6
milar won (Rp 856 miliar) dengan laba operasi dan laba bersih masing-masing
13,8 milar won (Rp 160 miliar) dan 8,4 miliar won (Rp 97,7 miliar). Pendiri
sekaligus pemilik agensi ini adalah Park Jin Young. Didirikan pada tahun 1997.
CEO JYP saat ini adalah Jung Wook. JYP Entertainment saat ini merupakan rumah
artis 2PM, Miss A, Baek A-yeon, 15 &, JJ Project, Got7, Nakjoon, Day6,
Twice, dan Jeon So-mi. Label ini terkenal akan artis-artis nya yang dapat
berakting dan membintangi drama-drama hits sebagai pemeran utama nya.
Pendapatan
ketiga agensi tersebut sangat besar dampaknya terhadap pertumbuhan keuangan
Negara Korea Selatan. Tidak hanya itu, barang yang diiklankan artis-artis kpop
sangatlah laris dipasaran, tak hanya di Korea Selatan, juga di seluruh dunia.
Sehingga bidang perdagangan Korea Selatan mengalami peningkatan pesat pula.
Semua hal menjadi terorganisir berkat adanya peran agensi hiburan.
Kesimpulan
Peran
Agensi dalam industri hiburan Korea Selatan haruslah lebih mendapat perhatian.
Tidak mudah mendirikan sebuah agensi lalu bertahan di era hiburan Korea Selatan
yang keras. Sebuah agensi dapat mempekerjakan ratusan orang, diantaranya artis,
manajer, penata busana, perias, komposer, penulis lagu, pemain musik,
koreografer tari, penari latar, pelatih nyanyi, supir, pengawal, dsb. Itu baru
beberapa pekerjaan yang disediakan sebuah agensi.
Sebelum
artis dapat didebutkan, mereka harus menjalani training selama bertahun-tahun.
Training ini disiapkan sedemikian rupa oleh agensi supaya artis nya mendapat
kemampuan yang cukup, diantaranya training suara, tari, produksi lagu, akting.
Selama training, mereka mendapatkan fasilitas tempat tinggal dan makan yang
juga disediakan oleh agensi. Bahkan ada beberapa agensi yang juga memberikan
uang saku. Peserta training tidak dipungut uang sedikitpun, namun mereka
terikat kontrak dengan agensi tersebut selama bertahun-tahun sesuai kontrak
yang disetujui.
Saat
menyiapkan album, mereka harus memiliki penulis lagu, komposer lagu dan juga
koreografer tari, baru bisa dihasilkan beberapa lagu disertai tarian untuk
mengiringinya. Itu semua disiapkan oleh agensi. Dan persiapan untuk sebuah
album memakan waktu cukup lama, 6 bulan sampai 1 tahun.
Setelah
album rilis, agensi akan memulai kegiatan promosi, seperti tampil dalam
acara-acara musik, menjadi tamu di acara radio, hadir dalam berbagai program
hiburan tv. Supaya jadwal terorganisir dan tidak berantakan, dibutuhkan manajer
dan staf. Album juga akan diproduksi dalam bentuk fisik oleh agensi.
Persiapan
yang memakan waktu, tenaga, dan uang menjadi sebuah proses yang akan selalu
berulang dilakukan oleh sebuah agensi. Kpop tidak seharusnya hanya berkutat
seputar artis-artisnya saja, selalu ada orang-orang hebat dibalik sesuatu yang
hebat pula. Penulisan artikel ini bermaksud ingin menghargai peran besar yang
dilakukan agensi-agensi di Korea Selatan yang mampu membuat kpop terkenal di
seluruh negara.
Daftar Pustaka
Tran, Kate. (19 February 2013). K-pop Presentation. Diperoleh dari https://prezi.com/7sh79jup8ldi/k-pop-presentation/
Suharti. (5 November 2013). My English Speech about Kpop. Diperoleh
dari https://rusamakanangin.wordpress.com/2013/11/05/my-english-speech-about-kpop/
Inilah Pendapatan SM, YG, JYP dan FNC Selama 2016. (13 Maret 2017).
Diperoleh dari https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00152992.html
Penulis:
Arum Ratnaning Ratri
2211416050
Sastra Inggris 2016
Universitas Negeri Semarang
Mata Kuliah:
Bahasa Indonesia
Komentar
Posting Komentar