Musik Kpop dalam Industri Hiburan Korea Selatan


Musik Kpop dalam Industri Hiburan Korea Selatan

Arum Ratnaning Ratri

Abstrak

            Penulisan artikel ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai industri hiburan andalan Negara Korea Selatan, kpop. Ciri khas yang dimiliki kpop membuat banyak orang di seluruh dunia mencintai genre musik yang satu ini. Tidak dapat dipungkiri Korea Selatan berkembang pesat saat ini karena kpop memberikan efek positif di segala aspek. Yang akan dibahas dalam artikel ini adalah kontributor yang memiliki peranan penting dalam membuat kpop mendunia, agensi hiburan. Kpop memang terkenal karena penyanyi-penyanyi dan lagu-lagu nya, namun yang membentuk dan membuat mereka ada yaitu agensi hiburan.

Kata Kunci : Musik, kpop, agensi, Korea Selatan.

Pendahuluan

            Kpop atau dikenal juga sebagai Korean Pop adalah sebuah genre musik baru yang berasal dari Korea Selatan, Asia. Kpop memiliki beberapa karakteristik yang membuat genre ini mampu terkenal secara mendunia, diantaranya lirik yang mudah diingat, koreografi tarian dan ritme musik yang mudah dikenali, gaya pakaian yang modis, tampilan yang menarik perhatian, dan musik yang ringan didengar di telinga. Kpop layaknya virus yang menjangkit segala kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Namun virus ini berbeda, mereka yang terjangkit tidak ingin sembuh dari gejala ini. Mereka senang tenggelam lebih dalam dan membiarkan kpop menemani hari-hari mereka yang menjemukkan.

Kpop juga bersih dari segi moral, maksud bersih disini adalah tidak adanya kata-kata yang tidak pantas diperdengarkan secara umum dalam lirik lagu-lagu kpop. Sehingga kpop adalah genre yang aman diperdengarkan kepada segala kalangan usia. Korea Selatan terkenal akan industri hiburan mereka dan bagaimana industri hiburan juga memiliki kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan keuangan Korea Selatan.

Isi

Kontributor Terbesar dalam Perkembangan Kpop

            Orang awam hanya mengetahui musik kpop dan beberapa grup idola nya, tanpa mengetahui siapa pihak yang paling berperan dalam membuat mereka ada dan bertahan sampai tahap kpop bisa seterkenal sekarang. Agensi hiburan lah yang membentuk artis, membuat lagu, merancang koreografi tarian, dan mempromosikan mereka. Tanpa agensi hiburan, kpop tidak akan terorganisir dan mungkin kpop tidak akan dikenal secara mendunia. Peran agensi hiburan sangat penting dan semua orang sudah seharusnya menghargai usaha mereka.

            Terdapat tiga agensi hiburan terbesar di Korea Selatan. Mereka adalah SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Di Korea Selatan sebenarnya ada ratusan agensi, namun tiga agensi tersebut diatas adalah penghasil jumlah pendapatan bersih terbesar. Tidak hanya pendapatan, mereka juga penghasil lagu-lagu hits dan artis-artis kpop yang mendunia.

            Dengan hasil pendapatan terbesar dibandingkan ratusan agensi lainnya, SM Entertainment menjadi agensi hiburan nomor 1 seantero Korea Selatan. SM Entertainment meraih penghasilan total 349,8 miliar won (Rp 4,07 triliun) sementara laba operasi dan laba bersih masing-masing 20,7 miliar won (Rp 240 miliar) dan 4,01 miliar won (Rp 46,6 miliar). Pendiri agensi ini adalah Lee Soo Man dan didirikan pada tahun 1989. CEO SM Entertainment sejak 2005 adalah Kim Young Min. Label ini adalah rumah bagi artis K-pop ternama seperti BoAS.E.S.TVXQTRAXThe GraceSuper JuniorGirls' GenerationSHINeef(x)EXORed VelvetNCT, dan dulunya merintis grup H.O.TFly to the Sky, dan Shinhwa. Setiap konser yang diadakan, SM Entertainment mendapatkan pendapatan sampai USD 1,6 million.

            Agensi kedua terbesar Korea Selatan adalah YG Entertainment. YG Entertainment meraih total penghasilan 321,8 miliar won (Rp 3,74 triliun) dengan laba operasi dan laba bersih masing-masing 31,9 miliar won (Rp 371 miliar) dan 14 miliar won (Rp 162,9 miliar). Didirikan pada tahun 1996 oleh Yang Hyun Suk, namun CEO saat ini adalah Yang Min Suk. Daftar artis saat ini termasuk Psy, BIGBANG, CL, Dara, Epik High, Akdong Musisi, Lee Hai, WINNER, iKON, Sechskies, Jinusean, BLACKPINK dan One. Agensi ini sedikit berbeda dibanding agensi lainnya di Korea karena lebih menekankan pada genre musik hip hop, lirik yang didominasi rap, dan artis-artis yang multitalenta.

            Diurutan ketiga terdapat agensi JYP Entertainment. JYP meraih penghasilan total 73,6 milar won (Rp 856 miliar) dengan laba operasi dan laba bersih masing-masing 13,8 milar won (Rp 160 miliar) dan 8,4 miliar won (Rp 97,7 miliar). Pendiri sekaligus pemilik agensi ini adalah Park Jin Young. Didirikan pada tahun 1997. CEO JYP saat ini adalah Jung Wook. JYP Entertainment saat ini merupakan rumah artis 2PM, Miss A, Baek A-yeon, 15 &, JJ Project, Got7, Nakjoon, Day6, Twice, dan Jeon So-mi. Label ini terkenal akan artis-artis nya yang dapat berakting dan membintangi drama-drama hits sebagai pemeran utama nya.

            Pendapatan ketiga agensi tersebut sangat besar dampaknya terhadap pertumbuhan keuangan Negara Korea Selatan. Tidak hanya itu, barang yang diiklankan artis-artis kpop sangatlah laris dipasaran, tak hanya di Korea Selatan, juga di seluruh dunia. Sehingga bidang perdagangan Korea Selatan mengalami peningkatan pesat pula. Semua hal menjadi terorganisir berkat adanya peran agensi hiburan.

Kesimpulan

            Peran Agensi dalam industri hiburan Korea Selatan haruslah lebih mendapat perhatian. Tidak mudah mendirikan sebuah agensi lalu bertahan di era hiburan Korea Selatan yang keras. Sebuah agensi dapat mempekerjakan ratusan orang, diantaranya artis, manajer, penata busana, perias, komposer, penulis lagu, pemain musik, koreografer tari, penari latar, pelatih nyanyi, supir, pengawal, dsb. Itu baru beberapa pekerjaan yang disediakan sebuah agensi.

            Sebelum artis dapat didebutkan, mereka harus menjalani training selama bertahun-tahun. Training ini disiapkan sedemikian rupa oleh agensi supaya artis nya mendapat kemampuan yang cukup, diantaranya training suara, tari, produksi lagu, akting. Selama training, mereka mendapatkan fasilitas tempat tinggal dan makan yang juga disediakan oleh agensi. Bahkan ada beberapa agensi yang juga memberikan uang saku. Peserta training tidak dipungut uang sedikitpun, namun mereka terikat kontrak dengan agensi tersebut selama bertahun-tahun sesuai kontrak yang disetujui.

            Saat menyiapkan album, mereka harus memiliki penulis lagu, komposer lagu dan juga koreografer tari, baru bisa dihasilkan beberapa lagu disertai tarian untuk mengiringinya. Itu semua disiapkan oleh agensi. Dan persiapan untuk sebuah album memakan waktu cukup lama, 6 bulan sampai 1 tahun.

            Setelah album rilis, agensi akan memulai kegiatan promosi, seperti tampil dalam acara-acara musik, menjadi tamu di acara radio, hadir dalam berbagai program hiburan tv. Supaya jadwal terorganisir dan tidak berantakan, dibutuhkan manajer dan staf. Album juga akan diproduksi dalam bentuk fisik oleh agensi.

            Persiapan yang memakan waktu, tenaga, dan uang menjadi sebuah proses yang akan selalu berulang dilakukan oleh sebuah agensi. Kpop tidak seharusnya hanya berkutat seputar artis-artisnya saja, selalu ada orang-orang hebat dibalik sesuatu yang hebat pula. Penulisan artikel ini bermaksud ingin menghargai peran besar yang dilakukan agensi-agensi di Korea Selatan yang mampu membuat kpop terkenal di seluruh negara.

Daftar Pustaka

Tran, Kate. (19 February 2013). K-pop Presentation. Diperoleh dari https://prezi.com/7sh79jup8ldi/k-pop-presentation/
Suharti. (5 November 2013). My English Speech about Kpop. Diperoleh dari https://rusamakanangin.wordpress.com/2013/11/05/my-english-speech-about-kpop/
Inilah Pendapatan SM, YG, JYP dan FNC Selama 2016. (13 Maret 2017). Diperoleh dari https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00152992.html
S. M. Entertainment. Diperoleh dari https://id.wikipedia.org/wiki/S.M._Entertainment
YG Entertainment. Diperoleh dari https://en.wikipedia.org/wiki/YG_Entertainment
JYP Entertainment. Diperoleh dari https://en.wikipedia.org/wiki/JYP_Entertainment


Penulis:
Arum Ratnaning Ratri
2211416050
Sastra Inggris 2016
Universitas Negeri Semarang

Mata Kuliah:
Bahasa Indonesia

Komentar

Postingan Populer